Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Keterampilan Intrapersonal dan Interpersonal dalam Soft Skills

Dalam dunia kerja, pasti Anda pernah mendengar hard skill dan soft skill. Hard skill dan soft skill keduanya memiliki pengaruh yang sangat penting ketika seseorang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi. Akan tetapi, pada dasarnya, kemampuan soft skill merupakan keterampilan yang sangat penting dikarenakan keterampilan ini mampu menunjukkan bahwa seseorang benar-benar bisa melakukan pekerjaannya. Keterampilan ini dapat diukur melalui keterampilan intrapersonal dan interpersonal. Lalu, apa perbedaan interpersonal dan intrapersonal skill?

keterampilan intrapersonal dan interpersonal

Keterampilan Intrapersonal

Keterampilan intrapersonal merupakan sebuah keterampilan yang dimiliki seseorang yang mana setiap orang memiliki keterampilan ini dengan tingkat yang berbeda-beda. Keterampilan ini mencangkup beberapa hal seperti; percaya diri, penilaian dari diri, kesadaran dalam mengolah emosi, dan juga proaktif. 

1. Percaya Diri

Percaya diri merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh individu atau perorangan yang berfungsi ketika seseorang ingin menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Seseorang yang memiliki kemampuan percaya diri yang baik akan memiliki tingkat kreatif yang tinggi dan juga akan mampu menyadari bahwa kelemahan dan kekurangan dapat dihadapi. Seorang yang memiliki tingkat percaya diri yang baik akan menyadari bahwa setiap permasalahan yang dialami oleh seseorang pasti akan memiliki jalan keluar.

2. Penilaian dari Diri

Kemampuan ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh suatu individu yang mana individu tersebut mengetahui akan kelemahan yang dimiliki olehnya dan menjadi salah satu perbedaan interpersonal dan intrapersonal skill. Individu tersebut akan melakukan introspeksi diri akan kesalahan yang pernah dilakukannya agar dia tidak melakukan hal yang sama di masa depan.

3. Kesadaran dalam Mengolah Emosi

Kemampuan ini merupakan sebuah kemampuan yang mana individu mampu memahami tentang perasaan yang terjadi pada dirinya sendiri. Jika seseorang mampu mengetahui dan juga sekaligus mampu mengendalikan dirinya, maka dia memiliki pengolahan emosi yang baik.

4. Proaktif

Proaktif merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang mana seseorang tersebut mampu memiliki tanggung jawab bagi dirinya sendiri. Seseorang tersebut menyadari bahwa kemampuan yang dilakukannya akan membawa dampak bagi dirinya sendiri.

Keterampilan Interpersonal

Keterampilan ini merupakan suatu keterampilan yang dimiliki oleh seseorang yang mana bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara kedua belah pihak melalui proses komunikasi. Keterampilan ini berhubungan erat dengan individu dan grup. Keterampilan interpersonal yang dimiliki oleh seseorang antara lain;

1. Memanfaatkan Adanya Keragaman

Kemampuan ini merupakan salah satu perbedaan interpersonal dan intrapersonal skill mealui kemampuan yang dimiliki oleh seseorang atau individu yang mana individu tersebut sangat menghargai adanya perbedaan yang ada di masyarakat. Seseorang yang memiliki keterampilan ini akan berusaha untuk mengetahui sekaligus menerima bahwa setiap keragaman dan perbedaan memiliki dampak yang positif bagi dirinya. 

2. Kepemimpinan

Kemampuan ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang mana seseorang tersebut mampu mengendalikan kebiasaan maupun sifatnya dalam memengaruhi orang lain agar orang lain memiliki perspektif yang sama dengannya.

3. Komunikasi yang Efektif

Perbedaan interpersonal dan intrapersonal skill terakhir adalah komunikasi efektif.Kemampuan ini merupakan kemampuan yang mana individu mampu melakukan pertukaran informasi, ide, dan juga perasaan dengan baik secara individu maupun kelompok. Seseorang yang memiliki keefektifan dalam komunikasi ini akan dapat melakukan pekerjaannya dan dapat memengaruhi orang lain atau target pembaca dengan mudah.