Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skill Penting yang Perlu Anda Cantumkan pada CV Anda

Apakah Anda menginginkan untuk melamar pekerjaan namun Anda diharuskan untuk melampirkan CV Anda? Mungkin, Anda masih bertanya-tanya mengenai skill apa yang harus Anda lampirkan pada CV Anda. CV Anda yang menarik pasti akan membuat Anda dapat dengan mudah dipanggil oleh HHRD untuk melakukan tahap selanjutnya. Lalu, skill apa yang perlu Anda cantumkan untuk membuat CV Anda menarik? Berikut informasi mengenai contoh skill dalam CV yang perlu Anda masukkan dalam CV Anda. 

Skill Penting yang Perlu Anda Cantumkan pada CV Anda

1. Skill Komunikasi

Keterampilan komunikasi merupakan keterampilan yang perlu Anda lampirkan dalam CV Anda. Hal ini dikarenakan, ketika Anda melampirkan keterampilan Anda dalam melakukan komunikasi, perusahaan akan memiliki kepercayaan kepada Anda bahwa Anda memiliki komunikasi yang baik sehingga Anda dapat dengan mudah memengaruhi orang lain seperti target perusahaan tersebut.

2. Skill Organisasi

Kemampuan organisasi merupakan kemampuan dan contoh skill dalam CV yang harus anda lampirkan. Hal ini dikarenakan, ketika Anda melampirkan kemampuan organisasi Anda, maka suatu perusahaan akan mengetahui bahwa Anda merupakan seseorang yang mampu membuat keputusan dengan baik, pengaturan waktu yang efisien, mampu melaksanakan tugas dengan baik, hingga Anda merupakan seseorang yang mampu melakukan perencanaan dengan baik.

3. Skill Kepemimpinan (Leadership)

Kemampuan kepemimpinan merupakan kemampuan yang harus Anda lampirkan pada CV Anda yang termasuk ke dalam kemampuan hard skill dan soft skill. Hal ini dikarenakan suatu perusahaan akan memikirkan dan juga mempertimbangkan kemampuan Anda ketika Anda melampirkan jenis kemampuan ini. Seseorang yang memiliki jika kepemimpinan yang baik, mereka akan mampu membawa perusahaan ke arah yang baik sehingga, perusahaan akan memilih Anda jika Anda dapat melampirkan kemampuan keterampilan. Sebuah perusahaan akan berpikir bahwa Anda memiliki sifat tanggung jawab yang baik, komitmen yang tinggi, serta seseorang yang mempunyai sikap fleksibilitas yang sangat baik.

4. Skill Informatika

Dengan perkembangan teknologi, tidak dipungkiri bahwa setiap individu diharuskan untuk memiliki keterampilan komputer yang baik. Keterampilan komputer masuk kedalam contoh skill dalam CV yang harus Anda dapat melampirkan kemampuan atau keterampilan komputer Anda seperti keterampilan dalam mengetik, mengolah data, menganalisis data, dan juga melakukan administrasi data.

5. Skill Sosial (Networking)

Keterampilan sosial juga merupakan keterampilan yang sangat penting ketika Anda menginginkan untuk melamar suatu pekerjaan yang Anda sukai dengan menggunakan CV. Hampir semua pekerjaan membutuhkan seseorang yang memiliki keterampilan sosial yang baik. Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki keterampilan sosial yang tinggi dipercaya untuk memiliki sifat yang baik seperti sifat dalam melakukan pekerjaan tim, memiliki kesabaran yang sangat tinggi, kepercayaan diri, hingga memiliki sikap empati yang tinggi.

Keterampilan-keterampilan tersebut merupakan keterampilan yang harus Anda dapatkan ketika Anda ingin melamar pekerjaan dan melampirkan CV Anda. Dengan melampirkan skill tersebut, perusahaan akan lebih percaya tentang diri Anda dan kemampuan anda. Kelima keterampilan tersebut dapat Anda jadikan sebagai contoh skill dalam CV Anda.