Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kata Ahli Tentang Soft Skill?

Selain hard skill, soft skill menjadi kemampuan yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, tidak semua orang memiliki soft skill yang baik. Beberapa soft skill, seperti public speaking, manajemen waktu, komunikasi hingga etos kerja wajib dimiliki oleh setiap orang. Lantas apa pengertian soft skill menurut para ahli? 

Apa Kata Ahli Tentang Soft Skill?

Pengertian soft skill menurut para ahli

Soft skill merupakan kemampuan bawaan. Kemampuan ini bisa kamu dapatkan dari kegiatan sehari – hari. Bisa dikatakan lingkungan akan sangat mempengaruhi soft skill kamu. Beberapa ahli juga memiliki pendapatnya sendiri akan soft skill. Seperti berikut ini beberapa pengertian soft skill menurut para ahli. 

Berthal

Soft skill merupakan perilaku personal dan interpersonal yang dikembangkan untuk memaksimalkan kerja manusia. 

Elfindri, dkk

Soft skill menjadi keterampilan hidup yang menentukan kesuksesan seseorang dengan wujud kerja keras, jujur, disiplin dan eksekutor. Selain itu, soft skill menjadi keterampilan hidup yang harus dimiliki oleh seseorang, kelompok atau masyarakat. 

Giblin dan Sailah

Soft skill menjadi kunci hidup lebih baik, sukses lebih besar, sahabat lebih banyak dan kebahagian lebih luas. 

Kaipan dan Milus

Soft skill merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan, termasuk dalam pengambilan keputusan, kepemimpinan, pemecahan masalah, kepercayaan diri dan kerendahan hati, kecerdasan emosional, komitmen, integritas dan kerja sama. 

I Nyoman Sucipta

Soft skill adalah kemampuan yang memiliki erat kaitannya dengan manusia, yakni bagaimana manusia menyelesaikan permasalahan, memahami personal dinamik dan melakukan negosiasi.

Cara Meningkatkan soft skill 

Dari pengertian soft skill menurut para ahli di atas tentu membuktikan bagaimana pentingnya soft skill bagi semua orang. Mengembangkan soft skill sangat perlu dilakukan juga. Salah satu caranya adalah dengan menemukan mentor. Mentor akan membantu kamu dalam hal karir, terlebih dalam mengembangkan soft skill. Pasalnya, mentor bisa membimbing kamu. 

Seseorang yang memiliki pengalaman lebih banyak dibandingkan dengan kamu, tentu bisa memberikan inspirasi dan pandangan yang baru. Seorang mentor akan membantu dalam menilai soft skill kamu dan bagaimana cara mengembangkannya. Mereka juga bisa mengenali apa kelebihan dan kelemahan kamu serta langkah apa yang harus dilakukan.

Namun sebenarnya meningkatkan soft skill bisa didapatkan dari diri sendiri. Beberapa kegiatan yang kamu lakukan menjadi cara terbaik untuk meningkatkan soft skill. Salah satunya adalah bekerja secara profesional. Jika kamu mendapatkan pekerjaan, maka kerjakan sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan kamu. 

Profesionalisme dalam pekerjaan juga didukung oleh kedisiplinan. Kedisiplinan inilah berhubungan dengan manajemen waktu. Tentu saja, pekerja yang baik adalah yang bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik dan dalam waktu yang tepat. Walaupun banyak pekerjaan, mereka bisa memberikan hasil terbaik. 

Itulah sedikitnya penjelasan dari pengertian soft skill menurut para ahli.