Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Soft Skill Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa

Waktu adalah uang. Mungkin inilah pepatah yang menggambarkan tulisan ini. Apa yang sudah terjadi tidak bisa diulang. Namun masa depan bisa kamu raih dengan cara terbaik. Bagi seorang mahasiswa selain menjadi public speaking yang baik, manajemen waktu menjadi soft skill yang tidak bisa ditinggalkan. Lantas apa pentingnya soft skill manajemen waktu untuk mahasiswa? 

Pentingnya Soft Skill Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa

Pentingnya soft skill manajemen waktu untuk mahasiswa

Dalam dunia perkuliahan ada tiga jenis mahasiswa, yakni kupu – kupu, kura – kura dan kunang – kunang. Mahasiswa kupu – kupu adalah mahasiswa yang setelah jam perkuliahan selesai langsung pulang. Kemudian mahasiswa kura – kura yang sibuk dengan rapat dan kegiatan organisasi. Sedangkan, mahasiswa kunang – kunang adalah mahasiswa yang suka nongkrong setelah kuliah. 

Namun dari semua jenis mahasiswa tersebut tentu wajib hukumnya untuk memiliki soft skill manajemen waktu. Pentingnya soft skill manajemen waktu bagi mahasiswa akan membantu mahasiswa itu sendiri. Tentunya ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan memiliki pengaturan waktu yang tepat. 

Salah satunya adalah mahasiswa tidak akan merasa terbebani dengan pekerjaan yang ada. Mungkin bagi kamu yang mahasiswa sibuk dengan urusan organisasi akan merasa keberatan jika mendapatkan tugas lebih dari organisasi karena tugas dosen dan lain sebagai hal. Namun memiliki pengaturan waktu yang terbaik, kamu akan lebih menyukai pekerjaan yang diberikan seberat apapun. 

Tentu saja, pentingnya soft skill manajemen waktu untuk mahasiswa adalah untuk mengurangi stress dan depresi. Mungkin setiap pekerjaan, baik di organisasi ataupun tugas dosen sangat penting hingga membuat diri kewalahan. Namun dengan manajemen waktu yang baik, kamu bisa melihat daftar pekerjaan yang ada, mengkategorikannya dan memprioritaskan semuanya. Bahkan kamu dengan mudah perbedaan antara pekerjaan pribadi dan kelompok.

Mengembangkan manajemen waktu

Dengan pentingnya pentingnya soft skill manajemen waktu bagi mahasiswa tentu harus diasah dan kembangkan. Hal ini akan berdampak pada masa depan juga. Tentu saja, kamu tidak akan terbebani dengan banyak pekerjaan, lebih mudah mengerjakannya dan mampu mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan waktu. 

Salah satu cara dalam manajemen waktu adalah membuat jadwal harian. Kamu bisa membuat tabel harian yang berisi akan kegiatan dari sore hingga malam hari. Jangan lupa waktu dan tempatnya. Berikan tanda akan beberapa kegiatan yang lebih penting.

Selain itu, mendahulukan kepentingan utama menjadi manajemen waktu yang terbaik. Ada kemungkinan jadwal yang sudah kamu susun tidak bisa dipenuhi semua. Untuk mengatasi hal ini prioritaskan mana yang harus didahulukan. Tentu saja, bagi kamu yang masih mahasiswa tugas dari dosen menjadi prioritas utama kamu. Pastikan kamu menyelesaikannya agar tidak menghambat kuliah kamu, walaupun memiliki aktivitas yang segudang. 

Bisa dikatakan pentingnya soft skill manajemen waktu karena waktu tidak bisa diulang. Apapun yang kamu kerjakan akan berdampak pada masa depan nantinya.