Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Krisisi Percaya diri dan Kurang Percaya Diri

Memiliki percaya diri itu sangat penting agar Anda dalam mengembangkan potensi Anda secara optimal dan leluasa melakukan sesuatu. Tetapi seringkali Anda terserang krisis percaya diri yang membuat Anda merasa tidak nyaman akan sesuatu yang ada di sekiatar Anda dan tidak leluasa melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Semua itu menghambat Anda untuk mengembangkan potensi yang Anda miliki.

Penyebab Krisisi Percaya diri dan Kurang Percaya Diri. Terkadang Anda berpikir mengapa Anda bisa terserang krisis percaya diri. Lalu apa penyebabnya?
gambar: pexels.com


Penyebab Krisis Percaya Diri

Terkadang Anda berpikir mengapa Anda bisa terserang krisis percaya diri. Lalu apa penyebabnya? Anda harus tahu penyebabnya agar Anda bisa menanggulanginya.

Hal-hal yang dapat menyebabkan krisis percaya diri antara lain:

1. Selalu berpikir negatif

Ketika Anda menilai sesuatu hanya dari segi negatifnya saja, pikiran Anda akan cenderung tertutup terhadap kemajuan diri Anda, selain itu Anda selalu berpikir yang tidak-tidak tentang diri. Jika ini dibiarkan, lama-kelamaan Anda pun mengalami krisis percaya diri yang menyebabkan Anda menjadi tidak nyaman. Hilangkanlah pikiran negatif dari diri Anda jika Anda menginginkan kemajuan dalam diri Anda.

2. Kekurangan pada fisik

Mungkin sebagian orang yang memiliki kekurangan dalam segi fisik akan merasa dirinya tidak sempurna sehingga menyebabkan hilangnya kepercayaan dirinya.  Perlu Anda ketahui kekurangan fisik bukanlah suatu halangan untuk maju, terus berusaha dan berjuang adalah salah satu jalan yang harus di jalani oleh orang yang mempunyai kekurangan fisik. Ia harus selalu optimis dan yakin akan sebuah kesuksesan.

3. Takut akan kesalahan

Takut akan melakukan kesalahan dapat menyebabkan krisis percaya diri. Jika Anda tidak segera mengatasi masalah tersebut, jika Anda tetap saja takut kesalahan, kapan Anda bisa maju? Jika Anda takut akan kesalahan, yang ada hanya hilangnya rasa percaya diri sehingga Anda tidak bisa leluasa melakukan sesuatu.

Baca Juga: Apa itu Percaya Diri

4. Lingkungan yang pasif

Lingkungan Anda yang pasif juga sangat mempengaruhi hilangnya percaya diri Anda, karena interaksi sosial yang terjalin dalam diri Anda hampir tidak ada. Sehingga pikiran Anda hanya terfokus itu-itu saja tanpa mengetahui hal-hal lain yang lebih bermanfaat dan cenderung mengikuti lingkungan yang pasif tersebut.

5. Mudah terpengaruh orang lain

Kurangnya keyakinan pada diri Anda mungkin yang menyebabkan Anda mudah terpengaruh orang lain. Jika Anda ingin terhindar dari krisis percaya diri maka Anda harus memiliki keyakinan yang kuat terhadap segala keputusan yang akan Anda ambil untuk menjadikan Anda lebih maju dan percaya diri.

Apa Yang Menyebabkan Kurang Percaya Diri?

Keberhasilan Anda dibangun di atas dasar rasa percaya diri Anda. Rasa percaya diri ini membangun kuat sehingga Anda bisa sukses dengan cara yang besar. Tapi apa yang terjadi jika Anda kurang percaya diri?

Secara umum kurang percaya diri disebabkan oleh banyak faktor. Pengalaman setiap orang berbeda sehingga alasan mengapa percaya diri rendah dapat bervariasi, dan sering sangat kompleks.

Namun, ada beberapa alasan paling umum mengapa Anda kurang percaya diri atau mempunyai percaya diri yang rendah sbb:

1. Perasaan bersalah

Perasaan bersalah yang ekstrim dapat melumpuhkan dan mempengaruhi emosional dan kesejahteraan psikologis Anda sehingga membuat Anda tidak nyaman dan mungkin menjengkelkan. Mengatasi perasaan bersalah dan mengidentifikasi sumbernya sangat penting dalam rangka untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kurangnya rasa percaya diri pada diri Anda.

Jika rasa bersalah Anda karena timbul dari pengetahuan bahwa Anda telah menganiaya orang lain, tindakan terbaik adalah untuk menebus kesalahan. Ini bisa di selesaikan secara langsung dengan berbicara langsung kepada yang bersangkutan, dengan menggunakan surat, dengan menelpon langsung atau dengan tindakan khusus untuk memperbaiki situasi menjadi lebih baik. Anda harus meminta maaf kepada orang yang bersangkutan dan meminta pengampunannya. Anda akan menemukan solusi dan Anda pun tidak perlu lagi merasa bersalah. Tetapi Jika orang yang Anda rugikan tidak siap untuk memaafkan atau mengampuni Anda, maka pastikan Anda bisa menerima bahwa Anda telah melakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasi menjadi lebih baik.

Mungkin Anda datang lagi lain kali di mana orang yang bersangkutan mau memberi maaf atau ampunan kepada Anda. jika masih tidak ada maaf atau ampunan bagi Anda, pahamilah, bagian yang penting adalah bahwa Anda sudah mencoba untuk menebus kesalahan Anda.

2. Perasaan takut

Penyebab umum lainnya dari kurangnya kepercayaan diri Anda adalah rasa takut. Ketakutan bisa menyebabkan kita menjadi lumpuh dalam setiap akan melakukan sesuatu, tak bisa membuat keputusan atau melanjutkan  hidup kita. Ketakutan menjadikan kita selalu ragu-ragu dan takut akan sebuah kegagalan.

Ada banyak penyebab ketakutan. Beberapa orang takut akan pendapat orang lain, yang lain takut membuat kesalahan sehingga mereka melakukan apa-apa dengan kurang percaya diri. Orang bisa takut karena penolakan. kegagalan dan yang tidak diketahui. Apapun penyebab ketakutan, hasilnya sering sama. Yaitu perasaan konstan kecemasan dan ketidakmampuan untuk membuat jenis kemajuan yang Anda inginkan. Ketakutan harus dihadapi karena ketakutan dapat diatasi. Jika Anda tidak merasa mampu melakukan ini sendirian, gunakan terapi audio hipnoterapi yang sangat efektif membantu Anda untuk menjadikan hidup Anda lebih tenang, nyaman, santai dan pastinya menjadi lebih baik.

3. Harapan yang tidak realistis

Harapan yang tidak realistis pada akhirnya menyebabkan perasaan gagal terus-menerus dan sebagai hasilnya rasa percaya diri cenderung semakin menurun.

Baca Juga: Soft Skill dan Hard Skill

Menetapkan tujuan untuk diri sendiri dapat menjadi sumber motivasi yang besar. Namun, cobalah untuk bersikap realistis ketika menentukan apa tujuan Anda. Jika Anda gagal untuk mencapai tujuan tertentu maka berfikirlah bagaimana agar tujuan Anda menjadi lebih baik. jangan terlalu keras atau menekan diri sendiri. Cobalah untuk mengingat bahwa usaha adalah sama pentingnya dengan prestasi. Selain itu jangan lupa hadiahi diri Anda sendiri untuk apa yang telah Anda capai.

4. Pengaruh negatif

Hal seperti ini hampir jamak terjadi pada orang-orang yang telah menjadi korban dari lingkungan dan keluarga yang kasar. Pengaruh negatif ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk kekerasan fisik, psikologis dan emosional. Makian seperti seperti "murahan" atau "bodoh" yang selau diterima diri seseorang dari orang tua atau orang dilingkungannya akan memiliki pengaruh besar pada kepercayaan dirinya. Ia akan merasa seperti akan ada penghinaan dan rasa takut yang berlebihan yang dipicu oleh kekerasan fisik, atau ancaman kekerasan.

Seseorang yang sering mengalami 4 hal diatas, akan merasa bahwa ia tidak dapat mencapai sesuatu dalam hidup dan bahwa mereka sama sekali tidak berguna. Sayangnya, jalan menuju pemulihan ketika kepercayaan diri telah rusak sejauh ini bisa menjadi panjang dan sulit, tapi tetap mungkin.