Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Public Speaking, Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Pernahkah Anda diminta untuk public speaking atau berbicara di depan umum? Ternyata kemampuan berbicara di depan umum ini penting terutama berkaitan dengan pendidikan, bisnis maupun arena publik.


Pengertian Apa itu Public Speaking

Bagi orang biasa maupun pebisnis, kemampuan berbicara di depan publik sangatlah penting. Namun sebelum mempelajari apa itu pembicara publik atau public speeches, mari kita bahas terlebih dahulu apa pengertiannya. Berbicara di depan umum merupakan aktivitas presentasi yang diberikan secara langsung di hadapan audiens. 

Apa itu Public Speaking, Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya
image: gunabraham.com

Topik yang dibahas bisa beragam dengan tujuan mengedukasi, menghibur maupun mempengaruhi audiens. Agar informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh audiens dan terlihat lebih menarik digunakanlah perangkat presentasi elektronik seperti proyektor. Berbicara di depan umum biasanya dibatasi oleh waktu dan tempat dengan jumlah pendengar yang sudah diperkirakan. 

Hal inilah yang membedakan antara presentasi di depan publik dengan presentasi online. Presentasi online bisa dilihat penonton kapan saja karena sudah direkam sebelumnya. Karena public speeches dilakukan secara langsung di depan publik, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pembicara.

Manfaat Public Speaking

Tak sedikit orang yang kurang menyukai aktivitas berbicara di depan umum. Hal ini karena berbicara di depan umum merupakan salah satu ketakutan yang paling umum dirasakan oleh sebagian besar orang. Bagi orang yang introvert dan pemalu, berbicara di depan umum bisa menjadi hal yang selalu dihindari. Padahal berbicara di depan umum bisa menguak potensi yang belum pernah Anda kira sebelumnya.

Berbicara di depan umum sebenarnya sudah menjadi hal lazim di kalangan pebisnis, pemerintahan maupun pengajar. Bahkan berbicara di depan umum juga dianggap sebagai salah satu soft skill yang harus dimiliki mahasiswa. Di tangan pembicara yang tepat, kata-kata yang disampaikan pada audiens bisa memberikan dampak luar biasa. Itu sebabnya sangat direkomendasikan bagi pebisnis pemula, murid, pengajar maupun perangkat pemerintahan untuk mempelajari teknik-teknik pembicara publik. 

Manfaat belajar public speaking sangat baik untuk pribadi maupun profesional. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan contohnya seperti :

  • Kemampuan mencari informasi yang lebih baik.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.
  • Kemampuan mempengaruhi orang yang lebih baik.
  • Mampu menyampaikan rencana bisnis kepada klien secara lebih efektif.

Pentingnya Menguasai Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum bisa memberikan dampak luar biasa bagi karier maupun kesuksesan bisnis. Di dunia bisnis, kemampuan berbicara di depan publik sangat diperlukan bagi sales maupun eksekutif perusahaan. Kemampuan tersebut mampu membantu perusahaan mendapatkan klien yang potensial. Itu sebabnya para eksekutif perusahaan diharapkan mampu menjadi pembicara publik yang baik. Alasan lainnya yang membuat kemampuan berbicara di depan publik dianggap penting, yakni :

1. Untuk memotivasi orang lain

Pembicara yang hebat umumnya mampu memberikan motivasi bagi para pendengarnya untuk melakukan sesuatu, mengubah kebiasaan maupun mencapai tujuan tertentu. Untuk bisa mewujudkan ide besar perusahaan, pembicara harus bisa membuat karyawan, konsumen maupun rekan kerja jadi lebih bersemangat mewujudkan visi misi perusahaan. Demi menginspirasi karyawan, tidaklah cukup mengetahui tema pembicaraan saja. Tapi juga menguasai teknik-teknik berbicara di depan umum yang mampu mendorong pendengar untuk melakukan sesuatu. Pembicara publik yang baik mampu membuat pendengar percaya akan apa saja yang disampaikan oleh pembicara.

2. Untuk menyampaikan informasi

Banyak yang ingin didengar namun sedikit yang ingin benar-benar mendengarkan. Hal ini bisa disebabkan karena materi pembicaraan yang tidak menarik, cara penyampaian informasi yang membosankan atau memang sulit sekali mencuri perhatian pendengar. Apabila Anda sering mengalami hal ini, solusinya yakni dengan mempelajari teknik public speaking. 

Dengan mempelajari teknik berbicara di depan umum, Anda bisa menyajikan presentasi yang lebih meyakinkan di hadapan klien dan masyarakat. Menyampaikan ide di hadapan klien maupun atasan pun bukan masalah karena rasa percaya diri yang Anda miliki akan membuat  informasi tersebut mudah dipahami dan menarik perhatian audiens. Presentasi yang dibuat semenarik mungkin akan membuat audiens mudah teringat akan materi yang disampaikan walaupun acara sudah selesai.

3. Mendorong pemikiran yang lebih kritis

Pembicara publik bukan hanya mampu memotivasi orang lain, tapi juga mendorong terciptanya pemikiran yang lebih kritis. Kemampuan berpikir kritis berkaitan dengan kemampuan mencari solusi permasalahan dengan cepat dan tepat. Ketika Anda menyampaikan sesuatu di hadapan orang banyak, mau tak mau harus merangkai kata-kata yang pas dengan cepat dan memberikan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan audiens. Hal inilah yang mendorong berkembangnya pemikiran-pemikiran yang kritis.

4. Meningkatkan kemampuan memimpin (leadership)

Orang yang diminta untuk berbicara di depan orang banyak biasanya dianggap sebagai orang yang memiliki kelebihan dibandingkan orang lain. Kelebihan tersebut bisa berupa kharisma, kemampuan mempengaruhi orang lain, kemampuan sebagai pembicara publik atau keberanian. Kemampuan seperti ini dipercaya mampu mempengaruhi orang lain dengan mudah dan cocok dijadikan sebagai pemimpin. Tugas pemimpin seperti mendelegasikan tugas, memupuk kepercayaan anak buah, cara negosiasi dan memberikan instruksi akan lebih meyakinkan bila didukung dengan kemampuan pembicara publik. 

Kemampuan berbicara di depan banyak orang memiliki banyak manfaat terutama bagi perkembangan karir. Dalam dunia bisnis, kemampuan public speeches mampu membuka lebih banyak potensi keuntungan bila dikombinasikan dengan kemampuan kerja sama team yang baik. Sementara di kehidupan sehari-hari, kemampuan sebagai pembicara publik akan membuat Anda merasa lebih percaya diri ketika didapuk menjadi pengurus organisasi atau pemimpin masyarakat.

Menjadi Pembicara Publik yang Handal

Jika tertarik untuk menjadi pembicara publik, mau tak mau harus mempelajari teknik-teknik menjadi pembicara publik yang benar. Walau belum tentu dijadikan sebagai profesi utama, bukan berarti teknik-teknik pembicara publik tidak diperlukan. Nyatanya menjadi pembicara publik itu bisa dipelajari. Ada orang yang memang memiliki kemampuan pembicara publik alami seperti suara yang enak didengar, berkarisma hingga kemampuan mempengaruhi orang lain. Namun, bila Anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik, perhatikan area-area berikut :

Menulis presentasi yang efektif

Untuk menarik perhatian audiens, tulislah presentasi yang menarik dan rapi. Materi presentasi yang tertata akan memudahkan Anda ketika menjabarkan setiap materi. Buat kerangka garis besar apa saja yang hendak disampaikan. Tambahkan beberapa data sehingga informasi yang disampaikan lebih aktual. Untuk pembicara publik di seminar atau presentasi klien, pelajari beberapa aplikasi yang akan memudahkan dalam menampilkan presentasi seperti PowerPoint, Keynote atau Google Slide. 

Mengatasi rasa tidak percaya diri

Salah satu penghambat menjadi pembicara publik adalah kurangnya rasa percaya diri. Rasa tidak percaya diri ketika menjadi pembicara publik ternyata bisa dirasakan pula oleh audiens. Hal ini tentu bisa membuat presentasi terasa kurang efektif. 

Untuk mengatasinya, cobalah berlatih membaca presentasi di depan kaca, atur posisi badan agar tegak sehingga tampak lebih berwibawa, perluas wawasan terkait materi yang hendak dibahas sehingga Anda lebih siap bila menerima pertanyaan dari audiens. Terakhir, jangan putus asa bila presentasi pertama kurang maksimal. Sering-seringlah berlatih berbicara di depan umum, bila perlu ikuti kursus public speaking sehingga keberanian dan teknik berbicara jadi lebih baik.

Sumber : 

  • https://www.presentasi.net/pentingnya-public-speaking/
  • https://business.tutsplus.com/tutorials/what-is-public-speaking--cms-31255