Cara Memasuki Alam Bawah Sadar Seseorang, Belajar Mulai Dari Nol

Ini dia Rahasia Cara Memasuki Alam Bawah Sadar Seseorang tanpa Disadari Mereka Sendiri, Tapi udah Bukan Rahasia Lagi Soalnya ditulis Hehehe

Pasti kamu penasaran kan gimana cara memasuki alam bawah sadar seseorang? Kalau kamu salah satu yang lagi cari info ini, maka kamu berada di tempat yang semestinya.

Benar, artikel ini akan mengupas mengenai alam bawah sadar dan bagaimana cara kerjanya. Jadi pastikan kamu membaca tulisan ini dengan pelan dan coba ulangi apa yang belum dipahami.

Ada satu hal penting yang perlu kamu pahami berkaitan dengan memasuki alam bawah sadar, beberapa hal yang saya maksud adalah memahami cara kerja alam bawah sadar manusia seperti yang dimaksud dalam psikologi.

Saya hanya akan membahas cara memasuki alam bawah sadar seseorang dari segi psikologi, kalau kamu cari informasi dari sudut lain seperti mistisme, perdukunan, dan sebagainya maka ini bukanlah tempatmu. Segera cari website perdukunan saja. heuheu..

Memahami Alam Bawah Sadar

Langkah pertama, kamu perlu tahu dulu alam bawah sadar itu apa. Dengan memahami hal ini maka kamu dapat melakukan apa yang kamu inginkan.

Kamu tidak akan bisa melakukan sesuatu yang kamu tidak pahami cara kerjanya. Bayangkan kamu memasak nasi goreng tapi tidak tahu nasi itu apa. Maka kamu pasti tidak bisa melakukannya.

Oke langsung aja ya, istilah Alam Bawah Sadar pada dasarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala pada era filsafat berkembang. Seorang tokoh bernama William James mengatakan bahwa manusia memiliki dimensi alam bawah sadar.

Sayangnya pada saat itu penjelasan yang ia berikan tidak sepopuler itu, barulah ada seorang tokoh psikologi bernama Sigmund Freud yang berperan besar dalam hal ini. Sigmund Freud berhasil menjelaskan dengan lebih mudah, sehingga gampang dimengerti oleh orang banyak.

cara memasuki alam bawah sadar seseorang

Freud membagi manusia menjadi 3 bagian, yaitu Alam Sadar (Conscious) alam Pra-Sadar (Pre-Conscious) dan Alam Bawah Sadar (Unconscious).

  • Alam Sadar sesuatu yang kamu sadari pada saat tertntu seperti berfungsi untuk berpikir logis, analitis, penginderaan langsung dan apa yang kamu lakukan secara sadar saat ini.
  • Alam Pra Sadar sering disebut dengan “available memory” atau memori yang tersedia dan bisa diakses kapan saja dan dimunculkan ke alam sadar kamu tanpa perlu bersush payah. Dalam hal ini bisa kengangan, judul lagu yang kamu sukai, atau apapun.
  • Alam Bawah Sadar ini jika diibaratkan dalam gunung es adalah apa yang tenggelam di dalamnya. Bahkan 80% hidup manusia ditentukan oleh alam bawah sadarnya. Sifat, Emosi, karakter, pengalaman traumatis, program diri, insting, nafsu dan sebagainya berada di sana.

Menurut freud, segala macam dorongan atau sumber motivasi untuk melakukan sesuatu berasal dari alam bawah sadar manusia. Seorang bayi akan menangis saat dia lapar, hal tersebut terjadi karena bayi memiliki insting untuk bertahan hidup yaitu minum susu. Insting tersebutlah yang berada dalam alam bawah sadar si bayi.

Contoh berikutnya adalah ada orang dewasa yang merasa takut dan mengeluarkan dingin jika melihat badut di depannya. Pikiran sadarnya tahu bahwa di dalam badut tersebut berisi manusia biasa seperti dia sendiri.

Namun karena 80% perilaku manusia memang ditentukan oleh alam bawah sadar, maka perilaku yang mendominasi adalah rasa takut dan keringat dingin. Apabila diselidiki, pastinya ada sesuatu yang bermasalah dengan alam bawah sadarnya. Biasanya orang tersebut memiliki trauma tentang badut itu sendiri.

Cara Memasuki Alam Bawah Sadar Seseorang

Oke sebelum lanjut, saya yakin kamu udah paham ya soal alam bawah sadar tadi. Kalau belum, silahkan ulangi dan pahami kembali. Kalau sudah, maka kita akan lanjut mencari tahu bagaimana cara memasuki Alam Bawah Sadar seseorang. Apakah hal ini mungkin untuk dilakukan? Tentu saja..

Dengan Teknik Hypnosis

Salah satu cara memasuki alam bawah sadar seseorang adalah dengan teknik hypnosis. Sigmund Freud pada masa itu melakukan ini untuk menggali berbagai informasi dari klien untuk tujuan terapi psikologi.

Untuk mempelajari teknik hypnosis ini kamu bisa belajar terlebih dahulu tentang cara hipnotis orang. Dalam tulisan ini saya hanya akan membahasnya sedikit.

Untuk melakukan hypnosis dalam metode formal biasanya menggunakan 5 langkah, diantaranya:

Pre Induksi

Langkah ini adalah pendekatan awal yang dilakukan oleh seorang praktisi hypnosis guna mempersiapkan subjek untuk dapat dibimbing menuju ke alam bawah sadarnya.

Induksi

Induksi merupakan teknik-teknik khusus yang dilakukan oleh praktisi hypno untuk memindahkan kondisi sadar klien menuju alam bawah sadarnya.

Depeening

Depeening diperlukan agar subjek / klien masuk ke alam bawah sadarnya lebih dalam lagi, sehingga lebih mudah untuk menggali informasi dan proses terapi. Kondisi seseorang yang berada di alam bawah sadarnya adalah TRANCE.

Sugesti

Sugesti dalam bahasa Indonesia artinya SARAN, udah sesederhana itu. Saran di sini ialah rangkaian kalimat yang diberikan oleh terapist / hypnotherapist dalam rangka membantu proses perubahan diri klien. Untuk melakukan ini, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan.

Terminasi

Setelah sugesti selesai, klien dibawa kembali menuju kesadarannya.

Menggunakan Teknik Komunikasi

Kalau kamu paham tentang alam bawah sadar seperti yang saya jelaskan di atas, kamu pasti mudah memahami ini. Tanpa teknik-teknik hipnosis pun kamu tetap bisa memasuki alam bawah sadar seseorang kok.

Karena setiap hari orang itu bergerak dengan alam bawah sadarnya, bahkan kita saja setiap hari berada di alam bawah sadar. Contohnya saat kamu melihat seorang yang butuh bantuan, lalu kamu membantunya. Itu terjadi karena program di alam bawah sadarmu bekerja.

Contoh lainnya juga, saat melihat sebuah iklan diskon 12.12 di tv atau sosial media. Setelah melihatnya lalu kamu ingin segera mengikutinya. Bahkan saat seseorang bercetita lalu kamu tersentuh dan ikut menangis, itu juga alam bawah sadarmu yang bekerja.

Ingat kembali bagian sebelumnya bahwa emosi itu berada di alam bawah sadar. Jadi salah satu cara memasuki alam bawah sadar seseorang dengan komunikasi adalah sentuh emosinya. Kamu bisa menggunakan story telling, atau belajar teknik-teknik NLP.

Dengan Metode Behavioristik

Metode behaviroistik adalah metode psikologis yang bisa kamu terapkan. Maksud dari teori ini adalah dengan cara melakukan sesuatu hal dengan pengulangan terus-terusan. Maka lama kelamaan program yang kamu inginkan bisa masuk ke alam bawah sadar orang yang kamu tuju.

Contohnya adalah, kamu ingin adik atau anak mu bisa pencak silat maka ajarilah dia secara rutin, lakukan terus. Sampai dia bisa melakukan pencak silat, itu artinya program kemampuan pencak silatnya masuk ke alam bawah sadarnya.

Begitu juga dengan musik, jika ingin program musik itu masuk. Usahakan mereka rutin melakukan ini.

Dengan Cuci Otak / Brainwashing

Cuci otak adalah metode yang rumit dan lama untuk dilakukan. Namun kita sering lihat, apabila metode ini berhasil maka dapat menciptakan manusia yang super mengerikan.

Hitler berhasil membantai ribuan orang dengan mencuci otak orang-orang yang ia pimpin. Para teroris berhasil membuat seseorang bersama keluarganya melakukan bom bunuh diri.

Cuci otak ini pada dasarnya peggabungan dari berbagai macam teknik yang berkaitan dengan psikologi untuk menanamkan gagasan atau program pada alam bawah sadar seseorang.

Nah, itulah tadi tulisan tentang cara memasuki alam bawah sadar seseorang. Saya juga berikan daftar pustaka. Jadi silahkan di baca ya… Jangan lupa follow Instagram: @pengembangandiricom

Daftar Pustaka:

Zaviera, Ferdinand. 2008. Teori Kepribadian: Sigmund Freud. Yogyakarta: Primasophie.

LihatTutupKomentar