Istilah Offering Letter Adalah Hal yang Penting Untuk Diketahui, Karena

Istilah offering letter adalah hal yang banyak diucapkan di dunia pekerjaan. Namun, pernahkah kamu mendengar ini sebelumnya? Jika belum, yuk kita bahas di tulisan ini.

Setelah pelaksaan interview pekerjaan dan lulus, lalu kamu dapat panggilan kerja, kamu biasanya dikirimi offering letter oleh perusahaan tempat kamu melamar.

Pastinya Selamat dong buat kamu kalau udah sampai pada tahap ini, karena tahap ini adalah tahapan terakhir untuk proses pencarian karyawan baru. Artinya kamu siap bekerja di perusahaan tersebut.

Tetapi apakah offering letter sendiri sama dengan kontrak kerja atau surat perjanjian kerja? Wah ini belum tentu juga sih.

Biar kamu nggak bingung, dan tidak salah paham mengenai offering letter adalah langkah terakhir, yuk kita bahas aja.

Apa itu Offering Letter?

Sercara harfiah offering letter adalah surat penawaran kerja dari perusahaan.

Surat penawaran kerja ini merupakan pemberitahuan formal dalam bentuk tertulis untuk menginformasikan kalau kamu adalah salah satu kandidat terpilih dari perusahaan tertentu untuk dapat diterima sebagai karyawan baru di sana.

Istilah Offering Letter Adalah Hal yang Penting Untuk Diketahui, Karena dalam Dunian Pekerjaan Hal ini Sering Sekali Disebutkan.
Offering Letter Adalah


Dalam surat tersebut biasanya menjelaskan tentang apapun yang menajdi tanggung jawab pekerjaan kamu dan hak-hak yang kamu akan dapatkan.

Tujuan dari surat ini sebenarnua membantu pihak perusahaan untuk menyampaikan keinginan mereka secara formal tentang apa yang perlu dilakukan karyawan baru tersebut. Untuk kamu sendiri, surat ini penting karena dapat membantumu melihat sekilas tentang deskripsi kerja, penghasilan, dan hak lainnya.

Penawaran kerja sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu lisan dan tulisan. Agar menjadi sesuatu yang formal, maka hitam di atas putih diperlukan.

Isi Offering Letter Adalah

Surat penwaran kerja ini biasanya berisi juga lampiran resmi tentang pekerjaan seperti:

  • Uraian tugas / Deskripsi pekerjaan
  • Gaji dan Tunjangan, THR, Serta Peraturannya
  • Peraturan Cuti
  • Jabatan pekerjaan
  • Struktur Manajemen perusahaan
  • Struktur kerja
  • Tanggal mulai bekerja
  • Permintaan konfirmasi dan pernyataan perusahaan.

Apa yang perlu dilakukan dan jangan saat kamu mendapat surat ini?

Ingat biasakan membaca, biasakan teliti sebelum memutuskan keputusan besar dalam hidup kamu. Kali ini adalah hal yang serius dan bukan main-main, juga dapat berdampak pada nama baik kamu di mata perusahaan tersebut.

Sebelum menerima dan menandatangani surat ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang ini:

Yang Jangan Dilakukan:

  • Langsung setuju tanpa membaca
  • Langsung resign dari pekerjaan sebelumnya
  • Hanya melihat angka gaji
  • Tidak melihat peraturan dengan teliti

Yang Perlu Dilakukan:

  • Baca peraturan dengan saksama
  • Pertimbangkan tanggung jawab dan ekspektasi pekerjaan
  • Perhitungkan jarak tempuh pekerjaan
  • Perhatikan biaya hidup dan total pendapatan yang mungkin didapat
  • Pelajari kultur perusahaan tersebut
  • Teliti prospek karir di tempat baru itu, apakah bisa naik
  • Lihat tentang kondisi korporasi tersebut
  • Pelajari tentang tunjangan yang ditawarkan
  • Terakhir, gali informasi mengenai aturan pemutusan kerja

Contoh Surat Penawaran Kerja

Kamu bisa lihat contoh offering letter yang umum dijumpai dengan melihat tulisan ini. Surat ini bisa saja dikirimkan lewat email maupun secara fisik dengan pos. Surat penawaran kerja kadang dibuat dalam Inggris, kadang bahasa Indonesia. Tergantung kultur perusahaan itu sendiri.

Contoh Bahasa Indonesia

[ Kop Surat ]

PT Indonesia Bersatu Padu
Jl. Kebangsaan no 900, Jakarta.

17 Agustus 1945

(Nama Kamu)
(Alamat dan Kontak Kamu)

Salam (Nama Kamu),

Dengan datangnya surat ini (offering letter) kepada Anda, bersama ini kami menawarkan posisi (Yang Anda Lamar) pada PT INDONESIA BERSATU PADU. Pengalaman Anda merupakan aset yang dibutuhkan perusahaan kami.

Terlampir dokumen yang menguraikan detail mengenai gaji maupun tunjangan yang akan Anda dapatkan, dan mohon tanda tangan beserta nama terang. Kemudian silahkan kembalikan surat ini pada amplop dalam waktu 7 hari. Kami segera menghubungi Anda apabila kami telah menerima dokumen ini dari Anda.

Kami mengharapkan kehadiran Anda untuk menjadi bagian dari PT INDONESIA BERSATU PADU.

Salam,

John Sumarto, HRD PT INDONESIA BERSATU PADU

Contoh Offering Letter Bahasa Inggris

[Company Information or on letterhead]
[Date]
[Recipient Name]
[Title]
[Company Name]
[Street Address]
[City, ST ZIP Code]
Dear[Recipient Name]:
We are pleased to offer you employment at YOUR COMPANY NAME. We feel that
your skills and background will be valuable assets to our team.
Per our discussion, the position is POSITION APPLIED FOR. Your starting date will
be DATE TO START. The enclosed employee handbook outlines the medical and
retirement benefits that our company offers.
If you choose to accept this offer, please sign the second copy of this letter in the space
provided and return it to us. A stamped, self-addressed envelope is enclosed for your
convenience.
We look forward to welcoming you as a new employee at YOUR COMPANY NAME.
Sincerely,
[Your Name]
[Title]
Enclosure

Apakah Offering Letter Sama Dengan Kontrak Kerja?

Bukan, surat penawara kerja itu beda dengan kontrak perjanjian kerja. Surat ini tidak membuatmu terikat secara hukum. Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir dalam menandatangani surat yang diberikan.

Artinya, kamu masih bisa mundur dari keputusanmu tanpa terkena penalty dari perusahaan tersebut. Secara hukum kamu belum menanda tangani persetujuan hukum terhadap pemberi kerja.

Surat ini hanyalah surat yang menyatakan bahwa perusahaan berminat pada kamu untuk mengisi di posisi yang kosong. Intinya, dengan surat ini perusahaan hanya ingin tau apakah kamu bersedia masuk ke team mereka.

Kalau kamu tanda tangan di surat offering letter ini, artinya kamu juga berminat masuk di sana dan kamu setuju dengan penawaran atau ketentuan serta aturan dari perusahaan itu.

Kalau kontrak kerja itu sebuah perjanjian yang mengikat secara hukum antara kamu dan pemberi kerja. Dalam kontrak kerja, hak dan kewajiban kedua pihak dijabarkan dengan lebih rinci dan detail.

Offering letter biasanya tidak memuat tentang klausul dan aturan rinci secara hukum, juga tidak ada informasi yang jelas tentang status pekerjaan apakah kontrak atau tetap dan pekerjaan tersebut akan berlangsung berapa lama.

Dengan kata lain, tanda tangan pada surat penawaran kerja ini tidak berarti kamu sudah masuk dalam perusahaan tersebut dan menjadi karyawan. Masih ada proses berikutnya yaitu kontrak kerja.

Kontrak kerja sendiri biasanya dikirimkan ke kamu setelah offering letter yang kamu tanda tangani di terima kembali pada perusahaan tersebut.

Apakah Harus Kirim Balik Offering Letter?

Tentu saja, apabila kamu tidak mengirim kembali surat penawaran kerja yang dikirm oleh perusahaan tersebut bagaimana mereka bisa tahu kamu berminat menjadi bagian dari team mereka?.

Pastikan sebelum kamu mengirim kembali offering letter ke mereka, kamu memiliki backup atau dokumen cadangan yang kamu simpan. Baca kembali keseluruhan penawaran yang mereka berikan. Pastikan alamat tujuan sudah sesuai.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tahu bahwa offering letter adalah hal penting yang perlu dipahami? Jika ya, follow instagram kami yuk @pengembangandiricom

LihatTutupKomentar