Cara Mengelola Stress dan Manajemen Penanganan

Kita semua merasa stres di beberapa kondisi dan susah mengedalikannya. Ini adalah reaksi normal pada setiap orangt terhadap perubahan atau tantangan

Kita semua merasa stres di beberapa kondisi dan susah mengedalikannya. Ini adalah reaksi normal pada setiap orang terhadap perubahan atau tantangan. Tetapi stres yang berkelanjutan selama lebih dari beberapa minggu dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Mencegah stres dapat membuat Anda dijauhkan dari rasa sakit dengan belajar cara mengelola stres.

Belajar Mengenali Stres

Cara Mengelola Stress
Image: Pexels.com

Langkah pertama dalam mengelola stres adalah mengenali adanya stres dalam tejkana seriap harinya. Setiap orang mengalami stres dengan tingkat yang berbeda-beda. Anda mungkin menjadi marah atau mudah tersinggung, tidak bisa tidur, atau mengalami sakit kepala bahkan sakit perut. 

Apa saja tanda-tanda stres dalam diri Anda? Setelah Anda mengetahui tanda-tanda yang perlu Anda cari, Anda dapat mulai menanganinya. Selain itu, identifikasi situasi yang dapat menyebabkan stres. Situasi ini dikenal sebagai stres. 

Stres bisa berasal dari keluarga, sekolah, pekerjaan, hubungan, uang, atau masalah kesehatan. Setelah Anda memahami dari mana stres Anda berasal, Anda dapat menemukan cara untuk mengatasi stres anda.

Cara Menghilangkan Stres dengan Cara yang Tidak Sehat

Ketika merasa stres, Anda mungkin beralih ke perilaku tidak sehat yang tidak sehat seperti:

  • Overeating/makan berlebihan
  • Merokok
  • Minum alkohol dan menggunakan obat-obatan
  • Tidur terlalu banyak atau tidak cukup tidur

Perilaku ini dapat membantu Anda merasa lebih baik pada awalnya, tetapi mereka dapat menyakiti Anda lebih dari yang mereka bantu. Sebaliknya, gunakan tips di bawah ini untuk menemukan cara sehat untuk mengurangi stres.

Temukan Teknik Sehat untuk Mengelola Stres

Ada banyak cara untuk mengatasi stres. Cobalah beberapa untuk mencari tahu mana yang paling cocok untuk Anda.

Kenali hal-hal yang tidak dapat Anda ubah

Menerima bahwa Anda tidak dapat mengubah hal-hal tertentu memungkinkan Anda untuk melepaskannya dan tidak marah. Misalnya, Anda tidak dapat mengubah fakta bahwa Anda harus mengemudi selama jam sibuk. Tetapi Anda dapat mencari cara untuk bersantai di sepanjang jalan, seperti mendengarkan podcast atau mendengarkan musik.

Hindari situasi yang bisa membuat stres

Sebisa mungkin, jauhi sumber stres. Misalnya, jika keluarga Anda berdebat pada hari libur, beri diri Anda istirahat dan berjalan-jalan atau berjalan-jalan di dalam mobil.

Latihan agar tetap rileks

Melakukan aktivitas fisik setiap hari adalah cara terbaik dan termudah untuk mengatasi stres. Dengan berolahraga, otak Anda melepaskan bahan kimia yang membuat Anda merasa baik. Ini juga dapat membantu Anda dengan energi atau frustrasi Terpendam Anda. 

Temukan sesuatu yang Anda sukai, apakah itu berjalan, bersepeda, softball, berenang, atau menari, dan lakukan setidaknya selama 30 menit hampir setiap hari.

Ubah pola pikir ke hal yang baik

Cobalah untuk mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap tantangan. Anda dapat melakukan ini dengan mengganti pikiran negatif dengan pikiran yang lebih positif. Misalnya, alih-alih berpikir, 

"Mengapa semuanya selalu salah?" mengubah ide itu menjadi, "Saya dapat menemukan cara untuk melewati ini." Ini mungkin tampak sulit atau bisa dibilang hal yang hampir mustahil, tapi Anda mungkin berfikir kembali bahwa ini membantu Anda mengubah perspektif Anda.

Lakukan sesuatu hal dan nikmati

Ketika stres membuat Anda turun, lakukan sesuatu yang Anda sukai untuk membantu membuat Anda kembali berdiri. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti membaca buku yang bagus, mendengarkan musik, menonton film favorit Anda, atau pergi makan malam dengan seorang teman. 

Atau memulai hobi atau kelas baru. Tidak peduli apa yang Anda pilih, cobalah untuk melakukan setidaknya satu hal sehari yang hanya untuk Anda.

Pelajari cara baru dan tetap santai

Berlatih teknik relaksasi adalah cara yang bagus untuk mengatasi stres sehari-hari. Teknik relaksasi membantu Anda memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah Anda. Ada banyak jenis, dari napas dalam-dalam dan meditasi hingga yoga dan chi. Ambil kelas atau cobalah untuk belajar dari buku, video, atau sumber daya online.

Selalu terhubung dengan orang yang Anda cintai

Jangan biarkan stres terjadi di antara Anda dan kehidupan sosial Anda. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman dapat membantu Anda merasa lebih baik dan melupakan stres. Mempercayakan masalah Anda kepada seorang teman juga dapat membantu Anda menyelesaikannya.

Tidur yang cukup

Mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari dapat membantu Anda berpikir lebih jernih dan memiliki lebih banyak energi. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk menangani masalah apa pun yang mungkin timbul. Kalian harus tidur dengan sehat di jam 7 sampai jam 9 malam.

Menjaga pola makan yang sehat

Makan makanan sehat membantu memberikan tubuh dan energi pikiran Anda. Hindari makanan ringan tinggi gula dan konsumsi banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu berkurang, atau bebas dari lemak tanpa lemak dan protein.

Belajarlah untuk mengatakan tidak

Jika stres Anda berasal dari melakukan terlalu banyak tugas di rumah atau di tempat kerja, belajarlah untuk menetapkan batasan. Meminta bantuan orang lain menjadi hal yang bisa kalian coba untuk menghilang stres kalian. Jika Anda merasa seperti Anda tidak dapat menangani stres sendirian, Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan dan orang yang ahli. 

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menemui terapis atau konselor yang dapat membantu Anda menemukan cara lain untuk mengatasi stres. Tergantung pada penyebab stres Anda, mungkin juga membantu untuk bergabung dengan kelompok pendukung.

Introspeksi diri dan meditasi

Selama masa Introspeksi diri dan meditasi, Anda memusatkan perhatian dan menenangkan pikiran membingungkan yang mungkin mengisi pikiran Anda dan menyebabkan stres. Meditasi dapat menanamkan rasa tenang, damai, dan keseimbangan yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan emosional dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Banyak sekali jenis meditasi dan bentuk meditasi lainnya yang dapat dipraktekkan di mana saja dan kapan saja. Pastinya kalian senang berjalan-jalan seperti naik bus, berwisata dan masih banyak yang lainnya. Cara lain untuk mengatasi strs bisa juga dengan cara yang mudah yaitu mencoba bernapas dalam-dalam dan menenangkan diri

Lebih banyak tertawa

Rasa humor yang baik tidak dapat menyembuhkan semua penyakit, tetapi dapat membantu Anda merasa lebih baik. Ketika Anda tertawa, Anda tidak hanya meringankan beban yang ada pada diri Anda, tetapi juga membawa perubahan hal yang lebih positif dalam tubuh. 

Tertawa dapat menghilangkan stres karena kalian merasa mood kembali bagus. Jadi kalian bisa melihat video lucu, sering berkumpul dengan teman, dan juga menghibur diri dengan orang tercinta.

Cobalah yoga

Dengan sejumlah postur pernapasan terkontrol dan latihan, yoga adalah pereda stres yang bisa kalian coba. Yoga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental yang dapat membantu Anda mencapai ketenangan pikiran dan tubuh. Yoga dipercaya oleh sebagian orang dapat menghilangkan stres. Cobalah yoga sendiri atau cari kelas, dan bergabung ke komunitas yoga dan ikuti kelasnya.


LihatTutupKomentar