LWZ6MWNdMaNcMqZ4MqN7Map7yTUfATofA6YbyaV=
5 Bahasa Cinta / Macam-macam love languages yang wajib kamu tahu



5 Bahasa Cinta / Macam-macam love languages yang wajib kamu tahu

The Five Love Languages (FLL) / 5 Bahasa Cinta sebagai ide dari psikologi populer yang idenya diketemukan oleh Chapman (2010). Champman yakin jika tiap orang tentu mempunyai salah satunya dari ke-5 love language. Mode FLL ini benar-benar terkenal walau penemu pertama kalinya tidak lakukan riset empiris dalam usaha untuk memberikan dukungan mode itu.

Five Love Language atau sebagai lima tipe bahasa cinta yang menjadi tanda pribadi berasa disayangi oleh orang lain. Bahasa cinta di sini bukan hanya oleh pasangan romantis, tapi juga sama orang dekat yang lain, seperti anak, orang-tua, teman dekat, atau famili.
5 Bahasa Cinta / Love Langauage


Chapman (2010) mengutarakan jika saat bahasa cinta seorang tercukupi, pribadi akan ada pada keseimbangan. Bahasa cinta ini dilukiskan seperti tempat yang perlu dipenuhi dengan masing-masing pasangan untuk jaga keadaan homeostasisnya. Disamping itu, pasangan yang sama-sama ketahui langkah penuhi bahasa cinta pasangannya akan bawa pada jalinan yang positif. Berikut beberapa macam Five Love Language / 5 Bahasa Cinta menurut Chapman (2010) dan misalnya:

1. Words of affirmation / Kata-Kata

Bahasa cinta yang pertama ialah memperoleh support berbentuk perkataan. Pribadi yang mempunyai bahasa cinta khusus ini umumnya benar-benar suka saat dikasih sanjungan, animo, pengucapan baik, afeksi, penghargaan, dan lain-lain untuk memperlihatkan rasa kasih-sayang. Misalnya ialah beberapa kalimat seperti, "Kamu elok/ganteng ini hari", "Saya sayang kamu, "Kamu benar-benar bernilai bagiku", "Masakanmu benar-benar sedap, terima kasih ya ".

2. Quality time / Waktu yang Berkualitas

Bahasa cinta yang ke-2 ialah bisa isi waktu bersama. Pribadi dengan bahasa cinta khusus ini lebih suka saat lakukan aktivitas bersama sama orang yang lain dicintai dan habiskan waktu seutuhnya bersama. Kegiatan yang sudah dilakukan dapat sekedar mengobrol enteng, makan bersama, ke satu tempat bersama, bercocok tanam bersama, masak bersama. Hal yang paling penting ialah tidak ada masalah saat sedang quality time.

3. Acts of service / Pelayanan

Bahasa cinta yang ke-3 , yaitu mendapatkan kontribusi atau tindakan khusus yang tidak diberi ke orang lain. Umumnya pribadi dengan bahasa cinta ini tidak begitu memerhatikan kalimat romantis, tetapi lebih sukai saat orang yang tersayang lakukan suatu hal langsung yang memperlihatkan kasih-sayangnya. Misalnya, saat diantarkan pergi ke arah tempat kerja, ditolong kerjakan pekerjaan, dipegangi payung saat lain-lain, dan kehujanan.

4. Receiving gift / Menerima Hadiah

Bahasa cinta yang ke-4, yakni memperoleh hadiah. Bila pribadi lebih suka saat mendapatkan suatu hal yang khusus dari pasangan, kemungkinan ini ialah bahasa cinta utamanya. Hadiah di sini tidak harus suatu hal yang mahal atau kerap, yang paling penting ialah rasa kasih-sayang saat memberikan hadiah itu. Misalkan, dikasih bunga, coklat, kue, pakaian, dan beberapa hal yang lain dicintai oleh pribadi itu.

5. Physical touch / Sentuhan

Bahasa cinta yang ke-5 dan paling akhir ialah terima sentuhan secara fisik. Hal yang paling penting untuk pribadi dengan bahasa cinta khusus ini berbentuk keintiman secara fisik hingga dia berasa diproteksi dan disayangi. Contoh-contoh sentuhan fisiknya, yaitu pegangan tangan, dekapan, sikap yang lain, dan usapan.
Demikian beberapa macam love language yang satu diantaranya kemungkinan kamu punyai. Kamu bisa ikuti rangkaian test FLL lewat beberapa situs online untuk ketahui apa bahasa cinta utamamu.


Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Contact Us via Whatsapp