LWZ6MWNdMaNcMqZ4MqN7Map7yTUfATofA6YbyaV=
Syarat menerbitkan buku di Gramedia secara Digital



Syarat menerbitkan buku di Gramedia secara Digital

Sedang cari syarat menerbitkan buku di gramedia? Saya punya kabar menggembirakan bagi semua pencinta tulisan yang ingin menerbitkan buku melalui perusahaan penerbit Gramedia. Saat ini, terdapat cara terbaru yang lebih praktis dan mudah untuk mengirimkan naskah melalui Sistem Penerbitan Digital. Dengan metode ini, Anda tidak perlu lagi mengirim naskah melalui surel atau melalui pos konvensional.
Sebelum mengirimkan naskah, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Sistem Penerbitan Digital. Selain itu, berikut adalah beberapa tips, langkah-langkah penting, dan syarat syarat menerbitkan buku di gramedia yang akan membantu tulisan Anda diterbitkan secara resmi oleh salah satu dari enam perusahaan penerbit besar di bawah naungan Gramedia Group!

Syarat menerbitkan buku di Gramedia secara Digital

Digital Publishing System untuk Menerbitkan Buku di Gramedia

Sebelum membahasa syarat menerbitkan buku di gramedia. Mari berkenalan tentang Sistem Penerbitan Digital. Sistem Penerbitan Digital merupakan sebuah situs web yang menghubungkan para calon penulis dengan enam perusahaan penerbit yang tergabung dalam Gramedia Group. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), m&c!, dan Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Kelebihan Mengirim Naskah via Digital Publishing System

Calon penulis memiliki fleksibilitas untuk mengirimkan naskahnya ke beberapa penerbit sekaligus melalui satu proses unggah. Dengan begitu, jika penerbit pilihan pertama menolak naskah tersebut, calon penulis tidak perlu mengunggah ulang naskahnya untuk direview oleh penerbit pilihan kedua. Tentu saja, hal ini sangat memudahkan, bukan?
Proses perjalanan naskah dapat dipantau oleh calon penulis. Semua tahapan naskah akan tercatat dalam sistem dan dapat dilihat melalui dashboard akun calon penulis. Baik naskah diterima maupun ditolak, calon penulis akan menerima pemberitahuan melalui email.
Kemudahan ini juga membuka peluang untuk menerbitkan naskah dalam berbagai bentuk, termasuk cetak, digital, maupun Print on Demand (POD). Dengan demikian, calon penulis memiliki kesempatan lebih luas untuk menghadirkan karya-karyanya kepada pembaca dalam berbagai format yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.
Terima kasih telah menggunakan layanan kami, dan selamat berkarya!

Cara Mendaftar di Digital Publishing System

  • Anda dapat mengakses situs Digital Publishing System di dps.gramedia.com. Untuk memulai, lakukan registrasi dengan menggunakan email yang masih aktif. Buatlah password untuk akun Anda, dan klik tombol "Register".
  • Periksa kotak masuk email yang Anda gunakan untuk registrasi. Buka email aktivasi dan klik tautan yang disediakan. Setelah berhasil mengaktifkannya, silakan login kembali untuk melengkapi data pribadi Anda.
  • Setelah Anda mengisi data dan mengklik "Simpan", berarti Anda telah berhasil menjadi anggota Digital Publishing System. Proses registrasi ini gratis dan terbuka untuk siapa pun yang ingin mendaftar.

  • Setelah Anda memahami langkah-langkah di atas dan berhasil melakukan registrasi serta aktivasi akun, saatnya untuk mengirimkan naskah Anda.
  • Tidak ada ketentuan khusus mengenai format penulisan atau jumlah halaman naskah yang perlu Anda perhatikan. Yang terpenting, ketika Anda mengirimkan naskah ke penerbit, pastikan bahwa format file yang digunakan adalah PDF dengan ukuran maksimal 50Mb. Penting juga untuk memastikan bahwa tata letak naskah terlihat rapi agar editor dapat dengan nyaman melakukan review terhadap naskah Anda. Jika naskah Anda mengandung gambar, Anda dapat mengirimkan versi dengan resolusi rendah terlebih dahulu jika ukuran file melebihi batas 50Mb.
  • Jadi, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas dan menyiapkan naskah Anda dengan baik sebelum mengirimkannya. Selamat mencoba!

Cara Mengirim Naskah

Mengenai syarat-syarat untuk menerbitkan buku di Gramedia, prosesnya sangatlah sederhana. Pertama, masuklah ke akun Anda di dashboard Gramedia. Kemudian, carilah dan klik tombol yang bertuliskan "Kirim Naskah".

Di dalam tampilan tersebut, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih penerbit yang ingin Anda tuju. Dalam satu kali pengunggahan, Anda diperbolehkan untuk memilih hingga tiga penerbit sekaligus, namun tak apa jika Anda hanya ingin mengirimkannya ke satu penerbit saja.
Selanjutnya, ikutilah tahap-tahap yang ada hingga selesai. Anda akan diminta untuk menuliskan judul buku, menyusun sinopsis, mengunggah file naskah, dan mengisi data-data terkait naskah Anda. Setelah semuanya terisi dengan baik, klik tombol "Selesai".

Jika Anda melihat tampilan yang menyatakan bahwa "Naskah Telah Diunggah", berarti pengiriman naskah Anda telah berhasil dilakukan kepada penerbit. Anda hanya perlu bersabar menunggu saat naskah Anda direview oleh editor. Anda dapat memantau perkembangan status naskah melalui dashboard Anda sendiri.

FAQ Mengenai menerbitkan buku di gramedia

  • Mengapa tidak ada perubahan status pengiriman naskah selama periode yang cukup lama?
    Periode lamanya sebuah naskah dalam suatu penerbitan sangat tergantung pada antrean naskah yang masuk dalam jumlah besar serta waktu yang dibutuhkan oleh editor untuk melakukan peninjauan terhadap setiap tulisan yang diterima.
  • Apakah ada biaya yang harus dikeluarkan untuk menerbitkan buku di Gramedia?
    Tidak perlu khawatir, pastikan untuk mengonfirmasi dengan penerbit yang Anda pilih.
  • Jika naskah saya ditolak, apakah saya bisa mengambilnya kembali dan mengirimkannya ke penerbit lain?
    Anda memiliki hak untuk menghapus naskah dari sistem pengarsipan digital (DPS) dan mengirimkannya ke penerbit lain apabila naskah Anda sudah ditolak.
  • Apa saja faktor penilaian yang menjadi kriteria agar naskah bisa diterima?
    Pastikan untuk menyesuaikan dengan karakteristik penerbit yang Anda tuju dengan melihat jenis buku yang sudah pernah diterbitkan oleh penerbit tersebut.
  • Berapa lama proses peninjauan yang dilakukan oleh penerbit?
    Waktu minimal yang dibutuhkan adalah 3 bulan, tetapi setiap penerbit memiliki kebijakannya sendiri, sehingga proses peninjauan bisa memakan waktu lebih lama atau bahkan lebih cepat.
  • Jika naskah saya sebelumnya sudah dicetak melalui penerbit indie, apakah saya bisa mengirimkannya kembali ke DPS?
    Jika Anda tidak terikat oleh kontrak dengan penerbit manapun, maka Anda berhak mengirimkan naskah Anda ke DPS.
  • Apakah Gramedia menerima pengiriman naskah dalam bentuk komik?
    Tentu saja! Anda bisa mengirimkan naskah berupa komik. Namun, karena keterbatasan ukuran unggahan, pastikan untuk mengirimkan gambar dengan kualitas yang lebih rendah terlebih dahulu. Ingatlah bahwa ukuran file maksimum yang dapat diunggah adalah 50Mb.
Semoga artikel tentang syarat menerbitkan buku di gramedia kali ini bermanfaat. Ikuti terus pengembangandiri.com.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Contact Us via Whatsapp